Perlu dijaga agar SWR tetap menunjukkan angka yang rendah, hal ini dimaksudkan agar pesawat awet. Kecuali itu SWR yang rendah memberikan kemungkinan bekerja pada band yang cukup lebar dengan tanpa menjalankan tuner.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEju5HcC06h4UOubVSkpOaBdZEfPKYbLDJAO9fFxCOoaeArUM7GR5uFWKDskm9lDnVLtwyg3vlMbi1WL0pfl3krl30ZzcAs6Z1IXV8sh5lAYVV8x7sqH7o17hXl41Jih863r_hw4R53HIuk/s1600/SWR+SX+200.jpg)
Sangat mengutungkan bila SWR meter tetap terpasang agar setiap saat kemungkinan terjadinya perubahan SWR dapat cepat diketahui dan segera dapat diambil langkah-langkah dan tidak keburu merusakkan pesawat. Walaupun disadari bahwa adanya penambahan alat tersebut akan menambah sedikit losses akan tetapi keamanan lebih terjamin.
SWR meter yang dilengkapi dengan tuner dapat menambah kelebaran frekuensi kerja, akan tetapi juga akan sedikit menambah losses. Kebanyakan rekan amatir lebih menyukai berusaha mengeset antena dengan SWR serendah mungkin daripada harus menggunakan tuner. Antena dengan SWR 1 : 1.1 biasanya sudah dianggap cukup baik dan sudah dapat memberikan kelebaran band yang cukup.
0 komentar:
Posting Komentar